RSUD dr Soetomo dan Rektor Unair Lepas Kepulangan Rochman Rochim

by Oktober 12, 2018

Surabaya,cakrawalanews.co -Pusat Pelayanan Kembar Siam Terpadu (PPKST) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soetomo, dr Agus Harianto SpA(K) dan Rektor Universitas Airlangga (Unair), Prof Nasih melepas kembar siam asal Jombang, Rochman – Rochim, Kamis, (11/10) di ruang Loka Widya RSUD dr Soetomo.

Agus mengatakan keberhasilan operasi rekonstruksi vesica urinaria (saluran kencing) dengan metode mitrofanoff pada Rochim dilakukan pada, Jumat (5/10). Dengan demikian, operasi berhenti sementara namun tetap mendapat perawatan secara berkala.

“Alhamdulillah berkat tim kami yang solid, Rochman saat ini kencingnya menggunakan sistem mitrotanoff. Ia tidak pakai selang lagi. Kalau ingin kencing, dia bisa mandiri. Dia akan memasukkan kateter,” katanya pada Jatim Newsroom.

Ia menjelaskan meski sudah mampu mandiri, bukan berarti proses penanganan keduanya berhenti. Jika sudah pada usia remaja Rochman akan menjalani operasi pembuatan penis. Di usianya yang ke 9, Rochman sudah berhasil melewati 7 kali operasi.

“Dua minggu lagi Rochman masih akan kontrol. Kontrol selanjutnya tergantung pada kondisi luka pasca operasi saluran kencingnya. Proses pembuatan penisnya akan dilakukan saat Rochman remaja. Kenapa? Kalau mau dibuatkan sekarang, nanti kalau dia remaja akan dibongkar lagi. Jadi biar satu kali proses, dibuatkan nanti saja waktu remaja,” terangnya.

Prof Nasih menuturkan Rochman-Rochim merupakan bukti keberhasilan inovasi RSUD dr Soetomo yang telah membentuk tim kembar siam. Kerja keras dan kerjasama tim dokter selama 9 tahun menangani Rochman-Rochim akhirnya menghasilkan manfaat luar biasa.

Ia berharap Rochman Rochim tetap semangat mengejar cita-citanya meskipun melalui masa kecil yang berbeda dengan anak-anak lain pada umumnya. “Pak Djoko (Wakil Rektor Unair) yang angon kebo saja sekarang jadi dokter. Ini memang jalannya Rochman Rochim, dan pasti ada yang terbaik buat kalian,” tandasnya. (jn/luk/s)