Program BCA Pemkab Probolinggo Raih Top 25 Kovablik 2018

by Oktober 24, 2018

Probolinggo, cakrawalanews.co – Pemerintah Kabupaten Probolinggo berhasil meraih penghargaan Top 25 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik) Provinsi Jawa Timur Tahun 2018. Penghargaan untuk kategori “Tata Kelola Penyelenggaraan Pelayanan Publik yang Efektif, Efisien dan Berkinerja Tinggi” tersebut diberikan kepada Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak dan Keswan) untuk inovasinya berupa “Bank Clethong dan Air Kencing” (BCA).

Piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan diterima oleh Plt. Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Achmad Arief. Penyerahan penghargaan dilakukan pada malam Penganugerahan Otonomi Awards dan Top 25 Kovablik 2018 di Hotel Shangri-La, Surabaya, Senin (22/10/18).

Turut menyaksikan acara penganugerahan malam itu Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia Tjahjo Kumolo, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman, dan Direktur Utama Jawa Pos Leak Kustiya dan Direktur Jawa Pos Institute of Pro Otonomi (JPIJ) Rohman Budianto.

Gubernur Soekarwo menjelaskan, diselenggarakannya kegiatan tersebut sebagai apresiasi terhadap inovasi pelayanan publik yang muncul di daerah.

“Semoga apresiasi ini bisa jadi motivasi bagi Kabupaten dan Kota yang belum meraih penghargaan. Bagi yang sudah dapat, agar lebih ditingkatkan dan dikembangkan lagi inovasinya dalam sektor pelayanan publik kedepan,” ujarnya.

Sementara Plt. Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Achmad Arief menyampaikan, dengan keberhasilan ini potensi yang dimiliki Kabupaten Probolinggo dan menambah deretan prestasi yang sudah diraih di tingkat regional dan nasional.

Achmad Arief menambahkan, diraihnya penghargaan ini membuktikan bahwa inovasi pelayanan publik di Kabupaten Probolinggo semakin maju dan berkembang. “Semoga penghargaan ini bisa menjadi motivasi bagi perangkat daerah yang lain di Kabupaten Probolinggo untuk kreatif dan terus berinovasi dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat,” harapnya.

Secara garis besar BCA merupakan terobosan kolaborasi Pemkab Probolinggo dalam hal ini Disnak dan Keswan dengan peternak dan kelompok ternak. Secara garis besar cara kerja layanan BCA ini adalah menampung, mengolah dan memasarkan produk clethong dan air kencing ternak serta melaksanakan layanan kepada nasabah dengan klaim yag diajukan.

Peternak sebagai nasabah BCA berkewajiban melaksanakan setoran berupa kotoran ternak, selanjutnya kelompok tani sebagai mitra BCA mengolah dan memasarkan produk kotoran ternak serta memfasilitasi klaim nasabah. Sementara Disnak dan Keswan melaksanakan klaim pelayanan kepada nasabah. (Yon/Mr)