Pakde Karwo Luncurkan “Eja”, Maskot HPN 2019

by Oktober 8, 2018

Jakarta,cakarawalanews.co – Gubernur Jawa Timur Soekarwo meluncurkan “Eja”, maskot Hari Pers Nasional 2019 berlambangkan Elang Jawa yang diselenggarakan di Auditorium TVRI Jakarta, Minggu (7/10) malam.“Elang Jawa ini adalah burung dilindungi yang hampir punah dan sekarang keberadaannya ditemukan di Taman Hutan Raya yang dikelola Pemerintah Daerah,” ujarnya di sela peluncuran dikutip dari antara

Pada maskot tersebut, sang Elang Jawa memegang pena yang menggambarkan tentang kecerdasan dan bertanggung jawab sesuai dengan peran pers di Indonesia.Peluncuran maskot dilakukan bersama Ketua PWI Pusat Atal S Depari, yang disaksikan Menkominfo Rudiantara, penanggung jawab HPN 2019 Margiono, Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetya, serta sejumlah kepala OPD.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur yang akrab disapa Pakde Karwo itu juga memaparkan penjelasannya tentang tema HPN tahun depan, yaitu “Pers Menguatkan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital”. Menurut dia, di era digitalisasi saat ini sudah saatnya pers dan rakyat bersinergi memberdayakan ekonomi kerakyatan, khususnya di sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Orang nomor satu di Pemprov Jatim itu mengaku bangga karena Jatim dipilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan HPN yang akan dihadiri ribuan jurnalis dari berbagai daerah di Tanah Air tersebut.  Sementara itu, penanggung jawab HPN 2019 Margiono menilai tema tersebut sangat luar biasa karena pers dan masyarakat bekerja sama memberdayakan ekonomi kerakyatan berbasis digital.“Banyak pelajaran dan maknanya sehingga ini adalah tantangan di era digital. Pers juga akan belajar di sana,” ucapnya.

Hal senada disampaikan Menkominfo Rudiantara yang mengakui bahwa kondisi perekonomian di Jatim sangat stabil dan terbukti menunjukkan kualitas.“Apalagi temanya sangat mengena dan memang pemerintah selalu berpihak pada UMKM. Kementerian Kominfo juga menyediakan program menggratiskan sejuta domain untuk penguatan UMKM sehingga sangat berkesinambungan,” katanya. (ant)