BPJS Ketenagakerjaan Imbau Masyarakat Waspadai Penipuan Melalui Medsos

by Oktober 9, 2018

Surabaya,cakrawala.news.co– Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan mengimbau masyarakat, khususnya pekerja dan pengelola perusahaan untuk mewaspadai maraknya penipuan melalui aplikasi, media sosial, dan email palsu dengan mengatasnamakan BPJS Ketenagakerjaan.

“Fasilitas teknologi dari BPJS Ketenagakerjaan ini banyak dimanfaatkan oknum tidak bertanggung jawab untuk hal-hal negatif. Banyak aplikasi palsu sejenis BPJSTKU di Google Playstore yang perlu diwaspadai, seperti Ku BPJS, Saldo JHT On Line, Iman Ethika dan lainnya,” kata Direktur Perencanaan Strategis dan Teknologi Informasi BPJS Ketenagakerjaan, Sumarjono, dalam keterangan tertulisnya, Selasa, (9/10).

Ia menjelaskan modus lain yang digunakan adalah dengan mengirim surat elektronik yang menawarkan pelayanan pencairan Jaminan Hari Tua (JHT). “Mereka mengirim informasi yang menyesatkan dan mengatasnamakan BPJS Ketenagakerjaan, dengan menggunakan alamat email gratisan dari gmail, yahoo dan lainnya,” ucapnya.

Aplikasi, sosial media dan email palsu, sambungnya, ditengarai sebagai salah satu modus penipuan untuk mencuri dan memanipulasi data. “Masyarakat perlu waspada dengan aplikasi palsu, akun media sosial dan email yang tidak resmi, karena sering meminta data pribadi sebagai dalih verifikasi bahkan meminta pembayaran sejumlah uang,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan kanal teknologi resmi untuk informasi dan layanan yang dimiliki BPJS Ketenagakerjaan di antaranya adalah Aplikasi Mobile yakni, BPJSTKU, Website, www.bpjsketenagakerjaan.go.id dan surat elektronik @bpjsketenagakerjaan.go.id.

“Kami harap masyarakat hanya menggunakan atau mempercayai informasi dari kanal resmi. Kami juga menghimbau agar segera menghubungi kanal resmi layanan BPJS Ketenagakerjaan bila ditemukan ada nya hal-hal yang mencurigakan, terutama yang berkaitan dengan data pribadi peserta,” tandasnya. (jn/luk/s)

Views 212