BNPB Sebut Gempa Situbondo Akibatkan Rumah dan Masjid Rusak

by Oktober 11, 2018

Surabaya,cakrawalanews.co – Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, membenarkan terjadinya gempa magnitudo 6,4 yang mengguncang Kabupaten Situbondo, Kamis, (11/10) dini hari. Gempa ini mengakibatkan adanya kerusakan rumah warga dan masjid.

“BPBD Provinsi Jawa Timur bersama BPBD Sumenep langsung terjun ke lokasi untuk menangani dan melakukan pendataan kerusakan akibat gempa. Memang gempanya berdampak hingga ke Sumenep,” kata Sutopo melalui keterangan tertulisnya, Kamis, (11/10).

Ia merinci sementara data yang dilaporkan, rumah yang rusak akibat gempa Situbondo di antaranya di desa Jambuir, Kecamatan Gayam Kepulauan Sapudi Kabupaten Sumenep, di Kopedi Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep, di Kertasada, Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep, di Nyabakan timur, Kecamatan Batang-Batang Kabupaten Sumenep dan Masjid Desa Gendang Timur, Kecamatan Sepudi Kabupaten Sumenep.

Sebagai informasi, hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa Situbondo terjadi pada Kamis, (11/10) pukul 01.44.57 WIB berkekuatan 6,4 SR. Episenter gempa terletak pada koordinat 7,47 LS dan 114,43 BT atau di laut pada jarak 55 kilometer arah timur laut Kota Situbondo, Kabupaten Situbondo pada kedalaman 12 kilometer. (jn/Luk/s)
Views 486