BKSDA Jatim Lepas Ratusan Jenis Burung Ke Alam Liar

by Oktober 12, 2018

(SIDOARJOterkini) – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA)  Provinsi Jawa Timur melakukan pelepasan ratusan burung hasil penangkapan Polairud Polda Jatim saat melakukan razia di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Dari ratusan burung jenis Cucak Hijau, Murai Batu dan Tledekan ini, diamankan oleh pihak yang berwajib, karena tak dilengkapi dokumen resmi, dan dokumen lainya, sehingga tindakan tersebut dilarang. Pelepasan burung ke habitat aslinya ini untuk menjaga habitat burung di alam liar.

“Burung-burung hasil dari tangkapan liar atau tangkapan alam ini sangat dilarang, sebelum dilepasliarkan ke alam, burung-burung ini dikarantina terlebih dahulu untuk dilakukan pengecekan kesehatanya,” kata Kepala Balai BKSDA Jatim Nandang Prihadi, Jumat(12/10/2018).

Disampaikan Nandang Prihadi, pihaknya menghimbau agar masyarakat tidak melakukan penangkapan burung-burung yang ada di alam liar, agar kelangsungan ekosistem alam bisa tetap terjaga.

“Kalau sering dilakukan penangkapan di alam liar burung-burung tersebut akan habis, sehingga mempengaruhi kondisi ekosistem yang ada di alam liar, dan secara tak langsung akan berpengaruh terhadap kehidupan kita,” ujarnya.

Dari pantauan, ratusan burung yang akan dilepaskan oleh BKSDA ini, terlebih dahulu di masukan ke dalam kotak yang sudah di rancang sedemikian rupa agar burung merasa nyaman saat dalam perjalanan menuju pelepasan di alam liar atau ke habitat aslinya di kalimantan. (cles)

 

Berita di atas kerjasama dengan Sidoarjoterkini.com....klik di sini untuk sumber asal berita.....