Anugerah ASN 2018, Kepala Diskominfo Kabupaten Probolinggo Tutug VS Kepala BNPB Sutopo

by Oktober 18, 2018

Nama Kepala Diskominfo Kabupaten Probolinggo Tutug yang masuk 50 nominator Anugerah ASN 2018.

Probolinggo, cakrawalanews.co -Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) menggelar Anugrah ASN 2018.

Ajang pencarian figur aparatur sipil negara (ASN) yang memiliki dedikasi tinggi terhadap pekerjaan ini memang tidak banyak diketahui orang, bahkan di kalangan birokrasi sendiri tidak banyak yang mengetahui. Minimnya sosialisasi membuat hal ini bisa di konsumsi setelah mengakses website menpan.go.id.

Upaya pencarian pegawai berpreatasi yang nantinya akan menjadi Duta ASN di kalangan birokrasi tersebut dibagi menjadi dua kategori, yaitu kategori Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Pratama Teladan dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Inspiratif.

Untuk kategori PPT Pratama Teladan pesertanya adalah para PPT Pratama yang diusulkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) atau pejabat yang berwenang. Sementara untuk kategori PNS Inspiratif terbuka untuk semua PNS yang pengusulannya dilakukan oleh instansi dan/atau warga masyarakat.

Hingga berita ini ini ditulis, ajang pencarian “figur panutan” ASN tersebut telah sampai pada tahap publikasi 50 nominator terpilih untuk kategori PPT Pratama Teladanan dan 52 nominator terpilih untuk kategori PNS Inspiratif. Pengumuman resmi ditampilkan di website menpan.go,id dan media lainnya mulai tanggal 16 Oktober 2018.

Yang menarik dari penganugrahan tingkat Nasional 2018 ini adalah, sosok yang selama ini dekat dengan kalangan birokrasi Kabupaten Probolinggo, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo, Tutug Edi Utomo masuk dalam Nominator PPT Pratama Teladan.

Masuknya Tutug, panggilan akrabnya, menempatkan predikat pejabat daerah itu setara dengan Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB).

Sutopo biasa dipanggil, di tengah perjuangannya melawan kanker paru-paru stadium 4B, namun tetap mampu tampil menyampaikan informasi terbaru tentang bencana yang terjadi dan bagaimana melakukan tanggung jawabnya kepada masyarakat, serta dedikasi yang tinggi terhadap tugas yang diberikan, menjadikannya masuk dalam dua nominasi sekaligus.

Terpilihnya Tutug sebagai nominasi merupakan kebanggaan tersendiri untuk pemerintahan kabupaten Probolinggo, kendati masih akan melewati beberapa seleksi lagi, dimana dari 50 nominator katagori Pratama Teladan di seleksi menjadi 10 terbaik, dan 52 nominator katagori PNS Inspiratif akan disaring menjadi 15 terbaik, mantan kepala dinas Pendidikan itu telah menjadi inspirasi khususya di kalangan birokraai kabupaten Probolinggo.

Pengumuman pemenang Anugerah Aparatur Sipil Negara Tahun 2018 dijadwalkan pada minggu keempat bulan November pada acara puncak yang dikaitkan dengan peringatan Hari Pahlawan dan penghargaan akan di serahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. (Mr)