6 Lokasi Wisata Menarik di Kediri

by November 2, 2018
Candi Surawana. (Ist)

Kediri – Berkunjung ke Jawa Timur memiliki banyak lokasi wisata yang sangat indah. Salah satunya di Kediri, kota ketiga terbesar di Jawa Timur setelah Surabaya dan Malang.

Di masa lalu, Kediri cukup terkenal dengan adanya Kerajaan Kediri. Seiring pembangunan, Kediri jadi kota yang menarik karena memiliki banyak lokasi wisata yang memesona. Berikut 6 lokasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di Kediri, seperti dikutip dari Liputan6:

1. Gunung Kelud

Gunung ini menjadi destinasi wisata di Kediri yang sangat terkenal. Gunung ini berada di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang , kira-kira 27 km sebelah timur pusat Kota Kediri.

2. Monumen Simpang Lima Gumul

Selain Gunung Kelud, Monumen Simpang Lima Gumul juga menjadi salah satu obyek wisata terkenal di Kediri yang diresmikan pada 2008. Jika diperhatikan, sepintas bangunan ini mirip dengan Arc de Triomphe di Paris, Perancis. Bangunan ini berlokaasi di Desa Tugurejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

3. Candi Surawana

Kediri juga memiliki obyek wisata sejarah yang terkenal lain, yaitu Candi Surawarna atau Suroworno. Candi berukuran 8×8 meter ini berlokasi di Desa Canggu, Kecamatan Pare, Kediri. Obyek wisata ini diperkirakan dibangun sekitar abad ke-14 untuk menghormati raja Kerajaan Wengker, Bhre Wengker.

4. Candi Tegowangi

Candi ini terletak di Desa Tegowangi, Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Bangunan ini berbentuk bujursangkar dengan ukuran 11,2 x 11, 2 meter dan tinggi 4,35 meter.

5. Gumul Paradise Island

Berkunjung ke Kediri, Anda juga akan disuguhkan Gumul Paradise Island. Lokasi wisata keluarga ini berada di Desa Tugurejo, Kecamatan Gampengrejo, Kediri, Jawa Timur. Wisata air ini memiliki fasilitas permainan berupa slide kecepatan, slide tubuh, cetakan luar ruangan, dan lain-lain.

6. Gereja Puh Sarang

Selain itu ada juga obyek wisata religi yang dimiliki Kediri. Namanya Gereja Puh Sarang yang terletak di Puhsarang, Kecamatan Semen Kediri. Gereja tua ini dibangun Heendricus Maclaine atas nama Mr Yohanes Humbertus Wolters CM pada 1931.