Umumkan Pemenang Lomba Kampung Hijau, Pemkot Probolinggo Targetkan Penurunan Gas Emisi

September 13, 2018

Probolinggo, cakrawalapost.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Probolinggo melalui Bidang P2KLH (Pengendalian Pencemaran Dan Kemitraan Lingkungan Hidup) umumkan pemenang lomba Kampung Hijau, Bersih Dan Indah (Kahbi) tahun 2018.

Setelah melalui beberapa tahapan seperti persiapan lomba Kahbi dan sosialisasi, kini pemerintah kota Probolinggo melalui DLH umumkan pemenang lomba kampung hijau, bersih dan indah, lomba ini diikuti 21 Kelurahan setelah di rekapitulasi.

M Sulhan Kabid P2KLH menyampaikan, bahwa tujuan daripada lomba ini untuk memupuk rasa cinta masyarakat terhadap lingkungan, perlu diketahui program Kahbi ini mulai dilaksanakan tahun 2014.

“Dari usia itu sudah banyak RT dapat penghargaan lingkungan hijau bersih dan indah, dan sesuai dengan program Pemkot Probolinggo RT atau kampung paling tidak sudah ada yang diunggulkan, kahbi ini  masuk dalam Peraturan Walikota tentang petunjuk dan pengolahan sampah, jadi kita laksanakan ini sudah ada dasarnya,” terangnya.

Program ini masuk Perwali No 37 Tahun 2014, tentang penanganan perubahan iklim, Kota Probolinggo bertekad lakukan aksi daerah, yaitu 2020 akan turunkan emisi gas sebesar 12 persen.

“Giat perubahan iklim, baik itu adaptasi dan mitigasi, dengan tujuan wujudkan kampung hijau bersih dan indah dengan sasaran kelurahan di kota probolinggo berharap semua berpartisipasi,” harapnya.

Indikator dalam lomba Kahbi antara lain, kelembagaan partisipasi masyarakat, pengelolaan sampah, tempat sampah tidak harus mahal atau bagus, minim ada 2 basah dan kering, selanjutnya pengelolaan SDA.

Sementara itu Kepala DLH Budi Krisyanto menegaskan, untuk mengikuti lomba ini masyarakat harus menerapkan salah satunya 3R (reuse, reduce, recycle,) masyarakat setor ke bank sampah, dan pengomposan  setelah dikelurahan, sesuai intruksi walikota, terakir ada himbauan untuk warga agar tak membakar sampah, warga harus siapkan bank sampah.

“Apresiasi kepada masyarakat atas partisipasinya, menindaklanjuti hasil evaluasi penilaian lomba Kahbi yang telah dilaksanakan, berikut pemenang lomba adalah juara 1 kelurahan kanigaran rt.06 rw.12 dengan nilai 84.2, juara 2 kelurahan wiroborang rt.02 rw.01 dengan nilai 83.5, dan juara 3 kelurahan pilang dengan nilai rt.05 rw.01 dengan nilai 78.95,” paparnya.(wan)