Pemotongan Hewan Kurban Eratkan Silaturahmi Warga

Agustus 22, 2018

Sidoarjo, cakrawalapost.com – Gema takbir, tahmid, dan tahlil telah berkumandang sepanjang malam menandakan telah tibanya hari raya Idul Adha 1439 H/2018 Masehi. Seperti tahun-tahun sebelumnya, warga Perumahan TSA II (Taman Suko Asri) Kelurahan Suko, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo,
melakukan sholat Idul Adha bersama warga
dan masyarakat lainnya yang dilaksanakan di Masjid An Nur.

Sholat Idul Adha berjalan dengan khusuk dan khidmat. Bertindak sebagai, Imam/Khotib Ustadz Bushra Mustafa dari Sidoarjo.

Seperti biasanya, setelah melaksanakan sholat Idul Adha, langsung dilanjutkan  dengan prosesi penyembelihan hewan kurban baik sapi maupun kambing. Tahun ini Masjid An Nur menerima hewan kurban sebanyak 28 ekor yang terdiri dari 5 ekor sapi dan 23 ekor kambing.

Pemotongan hewan kurban disaksikan oleh takmir masjid dan tokob masyarakat serta para warga, khususnya warga perumahan Taman Suko Asri II.

Pelaksanaan pemotongan hewan kurban menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari perayaan Hari Raya Idul adha.

Hampir di setiap masjid, musala, dan lokasi pemotongan hewan kurban lainnya di Sidoarjo, selalu dipenuhi warga yang ingin menyaksikan jalannya pemotongan hewan kurban.

Pemotongan 5 ekor sapi jantan dan 23 ekor kambing dilaksanakan di halaman Masjid An Nur Taman Suko Asri usai pelaksanaan salat Idul Adha.

“Disini kemeriahannya, hampir semua warga ngumpul. Tua, muda, hingga anak-anak. Jadi sekalian silahturahmi,” ungkap ketua panitia setempat.

Mulai dari proses pemotongan, hingga pembagian daging kurban dilakukan bersama-sama. Berbagi tugas pun dilakukan. Bukan hanya terkait proses pemotongan hewan kurban, tetapi ada juga warga yang bertugas mengawasi arusnya pendistribusian daging kurban.

“Karena banyak warga yang datang, jadi ada juga yang bertugas menjaga keamanan di jalan depan masjid. Juga bisa lancar dan aman dalam pelaksanaan pembagian daging dalam jalanya juga tidak terganggu,” kata salah satu panitia.

“Tahun 2018 ini untuk penyelenggaraan sholat Idul Adha sendiri berjalan lebih khusyuk dan hidmat, mudah-mudahan hari Raya Idul Adha ini kita bisa memahami dan menghayati apa makna dari hari raya Idul Adha ini,” ungkap panitia disela-sela acara pemotongan hewan kurban. (her)