Malam Tirakatan Agustusan, Tradisi yang Tak Lelang Jaman

Agustus 17, 2018

Sidoarjo, cakrawalapost.com – Warga perumahan TSA ll (Taman Suko Asri) Didoarjo, Jawa Timur, setiap tanggal 16 Agustus malam, selalu menggelar tradisi “Malam Tirakatan” yang menjadi ekspresi jiwa untuk menyambut hari kemerdekaan RI. Tak terkecuali pada tahun 2018 ini yang juga digelar Malam Tirakatan 17 Agustus 2018.

Malam Tirakatan 17 Agustus memang menjadi potensi budaya lokal yang perlu dilestarikan semua kalangan. Sebab, malam tirakatan menjadi malam sakral sebelum menyambut datangnya 17 Agustus di tiap tahunnya.

Hampir di semua jalan, gang dan institusi menggelar malam tirakatan sebagai wahana refleksi diri memaknai hari kemerdekaan RI 17 Agustus 1945.

Pada Malam Tirakatan 17 Agustus 2018 ini, banyak warga di Kota Sidoarjo khususnya dari Kelurahan suko legok, kecamatam Sukodono menggelar Malam Tirakatan, dengan menyiapkan susunan acara malam tirakatan 17 Agustus 2018 terbaru, juga doa malam tirakatan, sambutan malam tirakatan dan sudah menyebar pula undangan malam tirakatan 17 Agustus 2018 juga menyiapkan teks doa malam tirakatan.

Seperti yang sudah berjalan, malam tirakatan biasanya dimulai pukul 19.00 WIB atau setelah shalat Isya dan dimulai dengan berbagai kegiatan. Warga berkumpul lesehan bersama, di sana juga digelar doa-doa, sambutan, serta makan-makan dan utamanya memotong tumpeng dan ingkung atau ayam.

”Kita menggelar kegiatan malam tirakatan menjelang hari kemerdekaan RI ke 73 ini dengan tradisi genduri tumpeng bersama warga, semoga dengan kegiatan ini dapat memberikan makna kepada para generasi muda terkait jiwa kepahlawanan,” ujar Prayet (62 ) warga perumahan TSA setempat.(her)