13 Event Ini Meriahkan Perayaan Asian Games 2018 di Palembang

Agustus 10, 2018
Palembang Expo. (Ist)

Palembang – Sebagai salah satu venue utama perayaan Asian Games yang bakal dihelat pada tanggal 18 Agustus 2018-2 September 2018, Palembang turut berbenah dalam berbagai hal. Termasuk juga sarana dan pra sarana untuk mendukung kelancaran Asian Games 2018. Selain itu, Pemerintah telah menyuguhkan 13 event penting di Palembang untuk memberikan pelayanan terbaik pada semua pengunjung momen Asian Games 2018.

1. Sriwijaya Diaspora Festival

Sriwijaya Diaspora Festival merupakan festival yang digelar tahunan. Bulan ini digelar pada tanggal 08 Agustus – 02 September 2018. Acara ini akan diramaikan banyak hal, seperti halnya tarian, drama musikal, lagu-lagu tradisional, dan kuliner dari banyak tempat. Lokasi pelaksanaannya dilakukan di Benteng Kuto Besak, Palembang.

2. Palembang Expo

Selanjutnya ada Palembang Expo yang bakal dilaksanakan pada 16 Agustus – 21 Agustus 2018. Event ini diadakan oleh Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang dikelola BUMN, BUMD dan juga swasta di Palembang. Kegiatannya dilakukan di Palembang Sport Convention Centre (PSCC).

3. Musi Thematic Festival Kemaro Island

Musi Thematic Festival Kemaro Island dilakukan pada tanggal 16 Agustus – 02 September 2018. Sementara itu untuk acaranya dilangsungkan di Pulau Kemaro yang terkenal dengan pagoda dan bangunan China lainnya. Diisi dengan barongsai, photobooth, musik, dan kuliner China.

4. Musi Thematic Festival Al Munnawar

Musi Thematic Festival Al Munnawar Village, dilakukan pada waktu yang sama seperti Musi Thematic Festival Kemaro Island, yaitu pada 16 Agustus – 02 September 2018. Akan ada banyak suguhan berbasis Islam dan tradisi Arab yang ditawarkan. Acaranya berlangsung di Kampung Al Munnawar.

5. Musi Thematic Festival Culinary 10 Ulu

Pada 16 Agustus – 02 September 2018, digelar pula Musi Thematic Festival Culinary 10 Ulu. Beragam kuliner khas Palembang akan disuguhkan di sini. Ada pempek, minuman segar dan beberapa jenis kuliner lain. Tak ketinggalan pula pertunjukan seni, musik, kompetisi mukbang, dan lain-lain. Event penting di Palembang ini akan digelar di 10 Ulu.

6. Musi Thematic Festival Kapitan Village

Diadakan di Kampung Kapitan, Musi Thematic Festival Kapitan Village yang diadakan pada 16 Agustus – 02 September 2018. Kampung Kapitan merupakan saksi bisu kehidupan kota Palembang di masa lalu. Kampung ini memiliki atmosphere Chinese dan juga Tionghoa.

7. Asian Creative Festival

Pecinta aksesoris jangan sampai ketinggalan event penting di Palembang ini. Asian Creative Festival pada 16 Agustus – 02 September 2018 digelar sebagai salah satu event untuk pembuka Asian Games 2018 di Palembang. Acaranya akan fokus pada kerajinan tangan dan juga souvenir. Lokasi festival ini adalah di bawah Jembatan Ampera yang terkenal.

8. Asian Fotography Festival

Dilaksanakan selama perayaan Asian Games 2018, tepatnya tanggal 17 Agustus – 02 September, Asia Photography Festival ini jadi salah satu yang ditunggu para fotografer. Para peserta diperbolehkan mengambil foto Asian Games 2018 sebagai bahan untuk dilombakan nantinya. Festival ini digelar di Museum Sultan Mahmud Badaruddin II. Malam inagurasinya akan dihelat bersamaan dengan acara Musee Indie Festival pada tanggal 27 Agustus 2018.

9. Bidar Traditional Race

Bidar Traditional Race atau Lomba Bidar akan digelar tepat pada tanggal ulang tahun Kemerdekaan Indonesia yaitu 17 Agustus 2018 nanti. Akan ada 50 peserta yang dibagi ke dalam 13 grup berbeda. Akan ada pertunjukkan layang-layang, jetski, dan lain-lain yang bisa disaksikan di Benteng Kuto Besok Plaza.

10. Bidar Championship Race

Bidar Championship Race bakal digelar pada 19 Agustus 2018 di lokasi yang sama, yaitu Benteng Kuto. Sedikit berbeda dari Traditional Bidar Competition, Bidar Championship ini akan diikuti oleh perusahaan, agensi, dan masyarakat umum.

11. Musee Indie Fest

Buat para pecinta musik, Musee Indie Fest yang dilangsungkan pada 19 Agustus – 21 Agustus 2018, bisa didatangi. Acara ini bakalan diikuti oleh 50 peserta dan dilangsungkan di Kuto Besak Theater Restaurant. Akan ada juga diskusi film pendek. Sedang inagurasinya sendiri akan digelar pada 21 Agustus 2018.

12. Festival Perahu Hias

Festival Perahu Hias juga digelar pada 8, 9 Agustus hingga 30 Agustus 2018 . Lokasi yang dipilih adalah Benteng Kuto Besak. Festival akan diramaikan oleh masyarakat atau perusahaan yang berkompetisi dengan perahu hias yang bertema masing-masing.

13. Traditional Children Games Festival

Event penting di Palembang yang terakhir ada Traditional Children Games Festival yang bakal berlangsung pada 8, 19 Agustus – 02 September 2018. Akan banyak permainan anak-anak tradisional yang dimainkan, seperti egrang, bakiak, yeye, tepak cadang, dan lain-lain. Festival ini akan diadakan di Monumen Perjuangan Rakyat.