Kunjungan Kapal Pesiar ke Indonesia Naik 100 Persen

Agustus 9, 2018
Kapal Pesiar MV Silver Discoverer saat sandar di Banyuwangi. (Ist)

Jakarta – Pesona keindahan sejumlah destinasi wisata Indonesia menarik banyak kapal pesiar untuk singgah dan bersandar. Bahkan, menurut Direktur Asia Tenggara, Princess Cruises, Farriek Tawfiek, kunjungan kapal pesiar ke Indonesia meningkat sebsar 100 persen.

Tawfiek mengatakan bahwa sebanyak 372 kapal pesiar dari semua jalur pelayaran akan mengunjungi pelabuhan di Indonesia sepanjang tahun 2018. Ini meningkat dua kali lipat dari tahun 2017 yang hanya 187 kunjungan.

Ia juga mengungkapkan, walaupun Bali masih menjadi destinasi wisata terpopuler, destinasi lain pun mulai banyak dilirik. Hal ini, lanjut Tawfiek, karena strategi Kementerian dalam mempromosikan keberagaman budaya, pemandangan alam, atraksi lokal, serta kegiatan unik lainnya.

“Indonesia kini menempati peringkat ketujuh negara di Asia yang paling banyak dikunjungi kapal pesiar,” kata Tawfiek.

Dalam hal popularitas, ungkap Tawfiek, Bali adalah destinasi dengan angka kunjungan pesiar tertinggi, yaitu sebanyak 82 kunjungan di tahun 2018. Kemudian Kepulauan Gili (43 kunjungan), Pulau Komodo (40 kunjungan), Semarang (23 kunjungan), dan Surabaya (20 kunjungan).