500 Ribu Rumah Tangga Tak Mampu di Jatim Dapat Penyambungan Listrik Gratis

Agustus 8, 2018

Jakarta, cakrawalapost.com – Sebanyak 500 ribu rumah tangga tak mampu di seluruh wilayah Jawa Timur (Jatim) tahun depan bakal mendapat bantuan penyambungan listrik gratis dari pemerintah pusat.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan dalam siaran persnya, Rabu (8/8/2018) menyebutkan, sekitar 2,4 juta rumah tangga di seluruh Indonesia belum mampu melakukan penyambungan listrik baru.

Dia menuturkan, rumah tangga yang belum mampu tersebut akan diberikan subsidi untuk biaya penyambungan listrik. Dana subsidi itu akan dianggarkan dari Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2019.

“Saya sudah bicara ke Menteri BUMN dan Menteri Keuangan untuk alokasi subsidi khusus mungkin Rp1 triliun – Rp1,5 triliun,” ujar Jonan.

Dia meyakini bahwa rumah tangga tersebut mampu membayar biaya listrik setiap bulan, tetapi tidak dapat menyiapkan dana penyambungan listrik dari PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero).

Sebaran rumah tangga tidak mampu menyambung listrik itu merata di seluruh Indonesia. Di DKI Jakarta, terdapat sekitar 30.000 rumah tangga yang tidak mampu menyambung listrik, di Jawa Timur sekitar 500.000 rumah tangga, dan di Jawa Tengah masih sekitar 300.000 rumah tangga.

Pemberian subsidi tersebut, katanya, bertujuan untuk mempercepat program peningkatan rasio elektrifikasi. Sampai saat ini, rasio elektrifikasi telah mencapai sekitar 96,6% dan ditargetkan mencapai 97,5% pada tahun ini.“Sekitar 2 juta rumah lagi tahun depan tersambung listrik melalui usulan subsidi penuh. Kalau tidak, target pemerintah untuk elektrifikasi tidak tercapai,” katanya.

Sebelumnya, usulan memasukkan biaya penyambungan listrik baru untuk daya 450 VA dalam subsidi listrik APBN 2019 telah disampaikan dalam rapat dengan Komisi VII DPR pada Juli 2018. Legislatif pun menyepakati usulan tersebut dimasukkan dalam pembahasan RAPBN 2019. (rur)